Pages

Kamis, 06 Oktober 2011

manusia menjadi individu, keluarga, dan masyarakat



Manusia menjadi individu, keluarga, dan masyarakat
Individu
Individu adalah suatu makhluk hidup yang mempunyai karakter sendiri seperti fisik, jenis kelamin,  dan sifat yang bebeda-beda dengan makhluk hidup lainnya.
1.       Menuntut ilmu pengetahuan, merekayasa teknologi serta memanfaatkannya untuk kemakmuran dan kesejahteraan. Kesadaran tersebut mendorongnya untuk terus belajar. Proses belajar berarti proses perubahan sikap dan perilaku dengan mendapatkan pengalaman dan pelatihan.
2.       Menghiasi diri dan budi pekerti dengan baik serta akhlak yang terpuji, setiap tindakan dan perbuatan dalam kehidupan bermasyarakat selalu bercermin pada keindahan dan keelokan budi pekerti maka akan tercipata kesejukan dalam kehidupan bermasyarakat,
Keluarga
Individu kawin dan berkembang biak untuk membentuk satu keluarga kecil, yang terdiri dari ayah, dan anak.  Jadi keluarga adalah sekumpulan makhluk hidup yang terikat darah atau keturunan dan ada pengakuan dari individu lainnya.
Secara umum fungsi keluaraga meliputi:
1.       Pengaturan Seksual
Dapat dibayangkan apabila tidak ada keluarga maka akan terjadi seks bebas yang diakibatkan tidak adanya pengaturan seksual, oleh karena itu, disinilah fungsi keluarga agar pengaturan seksual dapat dikontrol dan tidak ada lagi kelahiran di luar nikah.
2.        Reproduksi
Keluarga berfungsi untuk membentuk keturunan, walaupan banyak yang berpandangan bahwa banyak anak akan menambah beban hidup, dan ada pula yang mengharapkan banyak anak untuk jaminan bagi orang tua di masa depan.
3.  Sosialisasi
Sebelum bersosialisasi dalam masyarakat ada halnya kita bersosialisasi terlebih dahulu dalm keluarga agar terbebtuknya kepribadian, sikap, perilaku, dan tanggapan emosinya, sehingga ketika kita bermasyarakat dapat diterima dengan baik.
3.        Kontrol sosial
Keluarga yang berfungsi dalam sosialisai, yaitu bagi individu pada saat ia tumbuh menjadi dewasa memerlukan suatu sistem nilai sebagai semacam tuntunan untuk mengarahkan aktivitasnya dalam masyarakat, dan berfungsi sebagai tujuan akhir pengembangan kepribadiannya.


Masyarakat
                Para sosiolog mengartikan masyarakat sebagai sebagai kelompok di dalamnya terdapat orang-orang yang menjalankan kehidupan bersama sebagai satu kesatuan yang diikat melalui kerjasama dan nilai-nilai tertentu yang permanen, didalam satu wilayah tertentu.
Tugas manusia sebagai anggota masyarakat;
  1. Saling tolong menolong dan bantu membantu dalam kebajikan
  2. Ikut meringankan beban kesengsaraan orang lain
  3. Menjaga dan memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban lingkungan dan masyarakat
  4. Menghindari perkataan dan tindakan yang menyakitkan orang lain sehingga tercipta ketergantungan yang saling menguntungkan.
Masalah-masalah yang terjadi pada individu, keluarga, dan masyarakat
·         Dalam individu masalah yang dihadapi yaitu konflik antara dia dan keinginannya besar yang bisa mempengaruhi dia dalam kesenagan tetapi berdampak negatif .
·         Dalam keluarga masalah yang dihadapi beragam, yang sering muncul :
o   Ketidaksamaan pendapat antar individu yang tidak dapat di kontrol akan menyebabkan pertengkaran.
o   Kecemburuan sosial, misalnya seorang anak merasa tidak diperhatikan seperti seperti saudara lainnya.
·         Dalam masyarakat masalah yang dihadapi ada beberapa, yaitu perbedaan pendapat, kepercayaan, ras dsb yang tidak bisa difilter oleh akhlak mengakibatkan pertengkaran fisik bahkan bisa membuat perkelahian antar 2 kelompok individu.

Karena itu biasanya setiap wilayah mempunyai norma-norma atau hukum yang disepakati oleh sekelompok individu tetapi norma atau hukum itu tidak akan berjalan jika dari individu itu tidak dari kesadarannya sendiri.
Bagai mana dengan kita? Apakah kita sudah ada kesadaran?

               

               


Tidak ada komentar:

Posting Komentar